RSS

Pilih-pilih

20 Apr

Pilih-pilih. Pikirkan baik-baik, keputusan ada padamu. Karena sebuah pilihan, bisa mengubah hidup ke depannya. Hmmmmmm *memicingkan mata, alis naik turun, ngomong sama kaca*

Ini adalah soal pilih-pilih…

Smartphone! Hahahahah… Ya, nepatin janji nerusin tulisan sebelumnya, ‘Anak Tekno’. Karena memutuskan beli gadget bisa bikin orang galau luar biasa, gak heran banyak orang nanyain soal ini.

Nah, sebagai orang yang sering ketumpahan curhatan soal pilih-pilih gadget terutama smartphone, bolehlah saya bahas ya. Dan kalian tauuu? Secara kebetulan saya juga baru kehilangan handphone aja dong. Kecopetan huhuhuhu… Jadinya mau beli handphone baru nih 😦

Yasuds, mari sama-sama berbagi soal pilih-pilih smartphone ini. Memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan. Sama kaya milih pacar… haisssyah!

Berikut saya rangkumkan beberapa tips simpel ala saya, berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman. Ya kali-kali bisa sedikit membantu.

LG G3 (ilustrasi/nisbroth)

LG G3 (ilustrasi/nisbroth)

Tentuin budget

Ini faktor utama sebelum milih gadget. Budget kalian berapa? Sejuta? Dua juta? Lima juta? Kalian yang lebih tahu kemampuan sendiri.

Gak disarankan buat maksain beli smartphone melebihi kemampuan. Tambahan, ini sih pendapat saya aja ya. Kalau bisa sih beli cash aja, jangan sampai nyicil. Mending sabar dan disiplin nabung, sampai uangnya cukup.

Soalnya sayang kan, gadget bukan emas yang harganya cenderung naik dari waktu ke waktu. Sebaliknya malah turun. Rugi lah, ketika cicilan lunas, harganya down abis. Secara kalau gadget kan cepet banget keluar yang baru.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Makanya kalau ada teman ngomong, “Gue mau beli smartphone. Yang bagus apa?.” Pertama, saya selalu tanya balik, budgetnya berapa dan kebutuhannya apa.

Kamera bagus buat foto-foto dan langsung upload ke socmed? Main game yang lumayan berat? Yang layarnya lebar dan cling biar enak nonton video? Yang kapasitas baterainya besar biar gak sering-sering nge-charge? Atau yang bakal lebih sering dipake buat email dan kerjaan kantor? Pilih lah gadget sesuai kebutuhan.

Nih ya saya bilangin lagi. Hindari beli smartphone cuma karena ngejar gengsi atau pengen selalu keliatan up to date. Hari ini beli yang baru, bulan depan udah ada yang lebih canggih. Gak ada puas-puasnya. Yelah, mamam deh tuh gengsi.

Spesifikasi

Spesifikasi yang paling sering jadi perhatian biasanya prosesor, RAM, ukuran dan resolusi layar, kualitas audio, daya tahan baterai.

Banci foto dan socmed. Paling nggak kalian punya smartphone dengan kamera belakang 8 megapixel, kamera depan 2 megapixel lah. Beberapa ponsel ada yang kualitas kameranya lumayan meski cuma 5 megapixel. Tergantung, ya coba liat ulasan-ulasan kualitas fotonya sebelum beli. Rata-rata smartphone buat kebutuhan begini prosesor dual core udah cukup banget lah.

Oya, karena bakal sering banget dipake foto dan update status, perhatiin kapasitas baterai. Minimal kapasitas baterai 2000 mAh lah. Gak cuma penggila socmed sama foto sih, keknya hampir sebagian besar kita sekarang perlu smartphone yang baterainya awet. Jadi untuk kebutuhan apapun, keawetan baterai itu penting.

Soal konektivitas juga jangan lupa. Memang tergantung layanan operator yang dipilih juga sih, tapi perangkat kan juga mendukung. Minimal yang di jaringan HSPA+ biar pamer fotonya lebih cepet :p

Gamer. Kalo yang hobi main game, proseor, GPU dan RAM jadi perhatian utama. Minimal prosesornya quad-core, GPU minimal Adreno 405, RAM-nya minimal 1 GB. Saya bukan gamer mobile, ni juga nanya sama temen yang lebih tau.

Suka musik. Cari smartphone-nya yang punya speaker atau audio berkualitas. Sony, Beats Audio, Dolby misalnya. Ini memang harus dicobain sih. Banyak tanya, kalau ada temen yang audio handphonenya bagus coba dipinjem aja bentaran, dirasa-rasain enak gak di kuping buat denger musik.

Buat kerja. Tergantung kerjaannya juga ya. Kalau yang kerjaannya lebih sering ketak-ketik dan kirim-kirim email, pilihan bakal jatuh sama smartphone yang nyaman buat ngetik. Biasanya pebisnis nih. Wartawan dan fotografer misalnya, kebutuhan smartphone-nya bakal beda lagi kan. Ada yang perlu pakai stylus, ada yang perlu rekam video bagus, ada yang perlu handphone waterproof, macem-macem.

Mobile movieholic. Buat yang hobi nonton film atau video di mana aja lewat smartphone, pasti pengennya layar yang cling. Jadi, carinya smartphone dengan layar yang kerapatan pixel-nya kurang lebih 300ppi (pixel per inch). Semakin tinggi kerapatan pixelnya, semakin halus gambar yang dihasilkan.

Pake OS Apa?

Kecenderungan orang mau beli handphone biasanya lebih fokus sama harga dan spesifikasi. Soal OS (operating system) biasanya sih ngikut yang banyak orang pake.

Padahal, di rentang harga yang sama, ada banyak pilihan smartphohe dengan beragam OS, yang ditawarkan dengan spesifikasi hampir sama. Beberapa ponsel bisa jadi spesifikasinya yang paling kita butuhin, bahkan mungkin aja lebih unggul dibandingkan yang lain.

Masalahnya, ketika spesifikasi udah cocok, harga sesuai budget, tapi OS-nya yang gak populer, gak banyak orang pakai. Muncul deh dilema. Misalnya, budget dan spesifikasi yang sesuai kebutuhan ternyata jatuhnya di ponsel dengan OS Windows Phone. Sementara orang itu belum pernah pake Windows Phone. Pasti jadi ragu “Windows Phone bagus gak sih?”.

Jawabannya bukan bagus atau nggak sih. Tapi OS itu sesuai keperluan kalian atau nggak. Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry, pada dasarnya semua OS bagus-bagus aja. Masing-masing diciptakan sesuai peruntukannya. Isssshhh diplomatis ngomongnya πŸ˜€

Soal OS ini sih kalau kata saya mah, orang biasanya ngeliat berapa banyak teman atau keluarga yang pakai juga. Biar kalau kenapa-kenapa gampang nanya-nanya ya kan.

Dulu jaman Nokia berjaya, sejuta umat pada pakai Symbian. Udah gitu BlackBerry nongol, semua orang pake BlackBerry (sampe dulu sebel banget kalau orang nanya “Lo gak ada PIN BB?”. Lo kira semua orang di dunia ini mesti pake BB!). Sekarang lagi populer Android, kebanyakan orang pilih Android dari yang murah sampai smartphone high end.

Gak bisa dipungkiri kalau milih smartphone, salah satu pertimbangannya adalah dukungan aplikasi. Namanya smartphone ya pakai aplikasi dong kan. Di OS yang populer, aplikasinya bejibun, banyak pilihan. Trus developer aplikasi itu dengan sendirinya juga bakal ngeliat pasar.

Mereka bakal mendahulukan ketersediaan atau update aplikasi untuk OS yang populer. Kaya aplikasi WhatsApp misalnya, ngerilis update untuk video call. . Saat tulisan ini dibuat, fungsi ini baru ada di WhatsApp untuk Android, karena pengguna aplikasinya lebih banyak di Android jadi duluan. Untuk OS lain biasanya menyusul setelahnya.

Panjang deh omongan soal OS ini. Bisa satu tulisan sendiri. Simpelnya sih balik lagi, disesuaikan kebutuhan dan budget aja.

Rajin cari ulasan

Jaman internet gini, informasi gampang banget didapet. Jangan males cari-cari ulasan dari beberapa merk yang spesifikasinya pas sama kebutuhan, di range harga sesuai budget tentunya. Tinggal googling. Situs luar maupun lokal, detikINET misalnya (heeaahh!) :p Ini untuk memperkuat keyakinan kalian akan smartphone yang udah dipilih.

Nah, gimana? Semoga bisa sedikit memberikan pencerahan ya. Atau ada tambahan yang kurang-kurang? Bisa share di sini.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada April 20, 2015 in Opinion

 

Tag: , , , , , , , ,

2 responses to “Pilih-pilih

  1. rika nova

    April 27, 2015 at 10:08 pm

    Aku juga baru beli hape! *tos*
    Tapi proses membelinya jauh lebuh mudah:

    Deby: rik, mau beli hp ga? Sekalian gue juga.
    rika: boleh aja.
    deby: hp apa?
    Rika: samain aja deh sama yg kamu beli.

    Ahahahahahha saking gapteknya.

    Suka

     
  2. nisbroth

    April 29, 2015 at 11:02 am

    @rika: ngoooookkkk.. kl aku jd temen km aku beliin aja mito. afgan aja pake mito loh *pertimbangan yg aneh dan ga penting* πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s